Bulgogi : 3 Fakta Menarik dan Cara Membuatnya

Bulgogi: Sejarah dan Cara Membuatnya

Jika sebagian orang tidak mengetahui apa itu kimchi ditambah dengan rasanya yang asam dan pedas itu. Tetapi tidak dengan bulgogi, banyak orang yang pasti akan tahu dan menyukai masakan korea berbumbu khas ini. Makanan Khas Korea ini sudah populer sampai Eropa.

Masakan korea ini merupakan menu masakan yang mungkin cukup familiar di lidah Anda. Karena tidak sedikit restoran maupun cafe yang menyelipkan makanan ini dalam daftar menu karena rasanya yang cocok di lidahbanyak orang. Bahkan di indonesia juga Anda bisa menemukan restoran korea yang menyediakan bulgogi. Dan pada umumnya makanan ini sangat cocok dipadukan dengan nasi sebagai pendampingnya.

Sejarah Bulgogi

Bulgogi: Sejarah dan Cara Membuatnya
Sumber: grid.id

Kata bulgogi yang berarti adalah daging yang dimasak dengan api. Daging ini juga memiliki irisan tipis-tipis yang biasanya direndam dengan bumbu terlebih dahulu, kemudian dimasak/dibakar diatas panggangan bisa juga dengan ditumis memakai panci besaryang datar.

Makanan khas Korea ini diberikan racikan bumbu yang sangat bermacam-macam, namun pada umumnya menggunakan gula, minyak, bawang bombay, bawang putih, merica hitam, daun bawang, dan kecap asin.

Bumbu racikan yang meresap ke dalam daging yang menjadi rahasia bulgogi itu sendiri sangat dicintai banyak orang diseluruh dunia. Tidak hanya rasa yang lezat, makanan ini sering disebut sebagai BBQ-nya korea dan ini juga sangat cocok untuk santapan keluarga di restoran, lantaran makanan ini umumnya disajikan dengan berbagai banyaknya macam makanan pendamping seperti sayuran dan kimch. Anda juga bisa memakan makanan ini secara langsung, atau juga bisa dengan digulung oleh daun selada mentah yang diisikan sayuran, kimchi, dan saus.

Makanan ini sudah terkenal di berbagai Benua diantaranya Benua Eropa. walaupun awalnya muncul  dari negri ginseng (Korea), teteapi kepopuleran bulgogi juga telah merambah ke China dan Jepang sejak lama. Di Jepang pun, makanan ini juga sering disebut dengan yakiniku. Akan tetapi dijepang yakiniku sendiri sudah disesuaikan dan dimodifikasi dengan lidah masyarakat jepang sehingga mempunyai cita rasa yang berbeda.

Tidak hanya disajikan untuk masakan autentik korea, makanan ini juga sudah sangat terkenal didunia internasional. Banyak restoran fast foof yang berasal dari korea yang telah menyediakan hamburger dengan rasa bulgogi.  Boomingnya bulgogi karena rasanya lebih mudah diterima oleh masyarakat dunia.

Salah satu seorang chef kontemporer yang berada diamerika serikat bernama Peter Serpico, berbagi kepada Smithsonian mengenai apa itu bulgogi dan bagaimana sejarahnya.Peter Serpico sendiri lahir di Seoul, Korea Selatan, dan hanya berbekal pengetahuannya untuk membuka sebuah restoran korea di negara Amerika Serikat, bagian Philadephia.

Bermula saat masa Dinasti Goguryeo, sekitar tahun 37 sampai dengan 668 M. Neobiani yaitu Bulgogi tergolong makanan cukup mewah pada masa itu karena sering menjadi santapan para bangsawan di korea.  neobiani juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bulgogi.

Cukup rumit mengapa neobiani berubah menjadi bulgogi. Ini terkait dengan latar belakang masa penjajajahan jepang dan perjuangan kemerdekaan korea selatan.  Pada 1920, dimana daging sapi menjadi salah satu makanan yang sangat populer dan tersebar di dunia.

Dikorea selatan, karena pendudukan Jepang. Harga daging sapi menjadi mahal dan stoknya sangat terbatas. Masyarakat korea lalu membuat olahan bulgogi dengan dua versi yang berbeda.Yang pertama yaitu dengan dihidangkan mirip seoryamyeok dan satu satunya lagi seperti yang kita tahu saat ini.

Pada tahun 1990, harga daging kembali normal di korea selatan dan makanan ini juga menjadi salah satu hidangan yang langsung melesat populer.  Kepopuleran makanan ini di amerika sebenarnya sudah  jauh sebelum demam korea yaitu Hallyu Wave.

Dari banyaknya tampilan dan semua jenis makanan yang diolah dengan cara dan bumbu yang sama. Tetapi dari ketiga masakan tersebut, bulgogi ini memiliki rasa yang paling manis.

Orang korea memiliki cara berbeda untuk menyantap makanan ini. Yaitu dengan digulung memakai selada dan ditambah dengan saus gochujang lalu diberi kimchi. Tentu saja itu membuat rasanya semakin lezat dan menciptakan rasa pedas asam dari saus gochujang dan kimchi, ditambah sensasi tersendiri dari selada segar tersebut.

Makanan ini berasal dari era Goguryeo yang berada di korea dan bertahan sampai saat ini, karena kelezatannya.  Dan pemilihan daging yang tidak sembarangan dan harus tepat karena nantinya tekstur daging lembut dan lumer di mulut sehingga tidak perlu repot untuk mengunyahnya. Jenis daging sapi ini sendiri adalah yang memiliki sirloin atau tenderloin. Tidak heran jika harga jual makanan ini terbilang mahal karena daging tersebut juga cukup mahal.

Fakta Menarik Bulgogi

Pemilihan Daging

Pemilihan daging dalam membuat bulgogi merupakan hal yang sangat penting. Untuk membuat makanan ini daging yang digunakan adalah tenderloin, sirloin, atau bagian daging sapi yang lain. Sehingga membuat cita rasa yang disajikan sangat enak.

Perbedaan Bulgogi dan Yakiniku

Daging yang digunakan untuk membuat yakiniku banyak macamnya seperti babi, jeroan, dan sapi. Sedangkan makanan ini hanya menggunakan daging sapi.

Untuk rasa makanan ini memiliki rasa lebih manis dibandingkan yakiniku

Olahan Makanan Khas Korea yang Cocok Untuk Semua Orang

makanan ini merupakan olahan daging baberque yang memiliki rasa cukup familiar, dan hal ini sangat berbeda dengan yakiniku yang memiliki cita rasa khas Jepang. Makanan ini sanagt cocok bagi lidah semua kalangan tak terkecuali bagi orang Indonesia

Bahan dan Cara Membuat Bulgogi

Bulgogi: Sejarah dan Cara Membuatnya
Sumber: idntimes.com

Bahan-bahan utama membuat bulgogi:

  • 250 gram daging dalam potongan tipis
  • Wijen sangrai
  • 40 gram bawang bombai diiris tipis

Bumbu untuk merendam daging :

  • 1 sdm teh minyak wijen
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 siung bawang putih lalu haluskan
  • 1 sendok takaran madu
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • Merica secukupnya
  • 1-2 sendok teh saus tiram

Cara membuat bulgogi :

  • Bumbui daging dengan bumbu perendam yang sudah dibuat, lalu diamkan dikulkas selama 30 menit.
  • Lalu tumis bawang bombai dengan sedikit memberikan minyak sampai harum
  • Masukkan daging, tunggu hingga empuk. Lalu taburi wijen
  • Sajikan bersama dengan nasi putih hangat dan sayuran.

Tips supaya daging cepat empuk yaitu Anda bisa merendamnya dengan parutan nanas, lalu diamkan selama 1 menit. Bilas hingga bersih.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan Anda untuk mencoba membuat Makanan Khas Korea Selatan ini dengan cara yang sudah di Informasikan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 997

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags

SUBSCRIBE AND GET MORE

Aliter enim explicari, quod quaeritur, non potest. Puta bam equidem satis, inquit, me dixisse.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.