Fakta Unik Makanan Jajangmyeon Setiap 14 April

Jajangmyeon Sejarah

Jajangmyeon berasal dari Kota Incheon, Kota Incheon adalah kota orang China yang bermigrasi dan mulai menetap diakhir abad 19. Makanan tersebut pertama kali dikembangkan di sebuah restoran China yang bisa disebut Gonghwachu di Incheon sekitar tahun 1905. Incheon mensponsori 100 tahun kelahiran makanan ini yaitu pada tahun 2005.

Jajangmyeon dari korea berbeda dengan Jajangmyeon dari Zha Jian Mian China. Jajangmyeon di korea menggunakan saus kedelai korea hitam yaitu termasuk caramel dan bawang sedangkan China Zha Jiang Mian tidak menggunakannya.

Apa Itu Jajangmyeon?

Jajangmyeon Apa Itu
Sumber: asianinspirations.com.au

Jajangmyeon adalah salah satu Makanan Khas Korea Selatan. Mie Korea yang cukup terkenal berasal dari masakan china Zha Jian Mian diwilayah Shandong China. Jajangmyeon adalah mie yang berbahan baku dari gandum dan dilumuri saus kental kedelai hitam, potongan daging kecil-kecil, sayuran, dan tambahan seafood.

Jajangmyeon mempunyai varian lain seperti samseon yang sausnya dicampur dengan makanan laut seperti cumi, udang, dan teripang, tetapi tidak pernah menggunakan ikan. Sedangkan samseon mempunyai komposisi yang terdiri dari mi dengan saus yang berisikan makanan laut tetapi tidak dicampurkan dengan mi tersebut.

Biasanya orang korea sendiri tidak menyebutkan kata myeon, dan hanya menyebutkannya dengan kependekannya saja yaitu jajang, samseon jajang, ganjajang atau samseon ganjajang. Ada jenis lain yang menggunakan saus jajang adalah jajangbap yaitu yang disajikan dengan nasi.

Biasanya orang korea mencampurkannya dengan nasi goreng yang disebut juga dengan bokeumbap sebagai makanan tambahan sajikan atau danmuji.

Bahan-Bahan Membuat Jajangmyeon

Jajangmyeon Bahan-bahan
Sumber: www.idntimes.com
  • 250 gram ayam atau daging.
  • ½ sendok bubuk lada hitam.
  • ½ buah zucchini , lalu potong dadu.
  • 1 buah kentang, potong dadu.
  • 1 buah bawang bombay, potong dadu.
  • 3 sendok makan pasta black bean korean.
  • 1 sendok makan minyak wijen.
  • 2 sendok makan maizena, tambahkan dengan 4 sendok makan air.
  • 1 sendok makan gula.
  • Minyak makan.
  • Mie jajangmyeon, atau bisa diganti dengan mie spaghetti.

Cara Membuat Jajangmyeon

Jajangmyeon Cara membuat
Sumber: brilicious.brilio.net
  • Potong daging.
  • Potong dadu bawang bombai, kentang dan bahan lainnya.
  • Saus jajangmyeon digoreng dengan 6 sdk minyak.
  • Panaskan wajan dengan 1 sendok makan minyak, lalu goreng.
  • Bawang bombay, kemudian masukkan daging sapi dan kentang.
  • Setelah bahan-bahan tersebut sudah matang, masukkan saus yang telah di goreng sebelumnya.
  • Aduk hingga rata, kemudian tuangkan air maizena
  • Setelah itu didihkan selama 5 menit, matikan api.
  • Rebus mie lalu bilas dengan air.
  • Simpan mie kedalam mangkuk dan tuang saus diatas.
  • Sajikan bersama dengan asinan lobak kungin agar lebih nikmat.

Makanan ini juga dapat ditemukan hampir setiap jalanan utama di korea selatan, masyarakat korea mengonsumsinya sekitar 1,5 juta mangkuk perhari. Dan sudah ada juga kemasan instannya. Saus makanan ini juga dibuat dari pasta kacang kedelai hitam, yang biasa disebut chunjang yang ditambah dengan bawang merah cincang, zucchini, makanan laut dan daging merah.

Ketika memasak saus ini biasanya akan ditambahkan cornstarch (seperti pati yang terbuat dari tepung jagung), agar saus menjadi kental. Saus chunjang dibuat dari kedelai panggang (dibakar). Karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus ini dimasak dengan cara direbus.

Sejarah Makanan Jajangmyeon

Jajangmyeon Sejarah
Sumber: www.afar.com

Sejarah jajangmyeon sendiri berasal dari kuliner tionghoa (sekitar wilayah beijing zhajingmian, tetapi memiliki rasa yang berbeda dengan jajangmyeon korea. Di beijing, makanan ini disajikan dengan saus yang beraneka ragam dengan lebih memakai seperti daging babi dibandingkan variasi dari korea yang memakai banyak isian dari makanan laut. Zhajiangmian dan Jajangmeyon berbahan baku saus yang hampir sama, namun saus jajangmyeon lebih kental dan hitam.

Jika Anda paling sering melihat dimana adegan drama korea yang sedang melakukan delivery order makanan, jawabannya adalah jajangmyeon. Kemungkinan yang paling besar dan paling sering menjadi hidangan adalah harganya yang terjangkau ditambah cita rasa yang lezat dan praktis, sehingga sangat disukai masyarakat korea selatan.

Fakta Unik Setiap Tanggal 14 April

Jajangmyeon Fakta Unik
Sumber: kumparan.com

Di korea selatan sendiri, banyak tradisi unik yang akan menarik untuk dibahas. Salah satu contohnya adalah tradisi hari perayaan bagi para single atau bisa juga disebut jomblo, pada setiap tanggal 14 April. Perlu diketahui, jika korea selatan menjadi salah satu negara yang merayakan hari kasih sayang dengan banyak proses yang cukup panjang. Tidak tanggung-tanggung prosesnya juga bisa memakan waktu sampai dengan 3 bulan.

Perayaan hari single atau jomblo dengan sebutan black day ini menjadi salah satu hubungan dari perayaan kasih sayang di korea selatan yang memakan waktu sampai 3 bulan. Sangat berbeda dengan tradisi perayaan lainnya dihari kasih sayang atau valentine di eropa, di korea selatan, perayaan valentine sendiri terdiri dari tiga bagian. Yaitu pada 14 febuari, yang dimana para perempuan akan menyatakan perasaanya kepada laki-laki yang mereka sukai.

Lalu disambung 14 maret, dimana sang laki-laki akan membalas perasaan si perempuan tersebut. Dan yang terakhir yaitu 14 april perayaan bagi mereka yang tidak menerima balasan dari laki-laki yang mereka sukai. Maka dari itu 14 april dimanakan dengan blackday. Uniknya disetiap perayaan ini datang, para jomblo akan berkumpul untuk memakan makanan ini atau mie dengan saus kacang hitam bersama.

Hidangan ini juga memiliki cerita yang sudah tidak asing, konon jajangmyeon menjadi makanan yang identik dengan kesedihan atau patah hati. Biasanya juga makanan ini menjadi makanan yang disantap oleh mereka yang tinggal sendirian dan merasakan kesepian.

Makanan ini memiliki museum sendiri di korea selatan. Didirikan di gedung gonghwachun, restoran china di chinatown yang dikenal mengembangkan jajangmyeon pertama di korea pada tahun 1905, itu menjadi satu-satunya museum. Terdiri dari dua lantai, museum seluas 846 meter persegi ini menceritakan sejarah tentang masyarakat, dan gaya hidup incheon serta asal dan bahan makanan ini. Disana juga menampilkan masakan china lainnya seperti jajangppong.

Tidak seperti banyak layanan saat pengiriman yang dimiliki korea saat ini, di masa lalu hampir tidak ada restoran yang menyediakan layanan pesan antar. Oleh sebab itu, penduduk setempat biasanya memesan makanan yang seperti jajangmyeon dari restoran china korea sebagai cara yang cukup mudah untuk dimakan.

Karena efisien dan aksesibilitas yang digunakan orang korea untuk memesan jajangmyeon sebagai cara cepat dan mudah untuk memberikan makanan staf pindahan di masa lalu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 799

No votes so far! Be the first to rate this post.

SUBSCRIBE AND GET MORE

Aliter enim explicari, quod quaeritur, non potest. Puta bam equidem satis, inquit, me dixisse.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.