Kim Ji-Young Born 1982 : Film Korea Sedih yang Paling Ditunggu

  • Whatsapp
Kim Ji-Young Born 1982

Kim Ji-Young Born 1982 merupakan drama korea yang mengisahkan tema kehidupan wanita di jaman modern di tengah tekanan hidup. Film ini hasil dari adaptasi sebuah buku novel best seller karangan Cho Nam-ju dengan judul yang sama persis. Drama ini pertama kali tayang di Korea Selatan dan langsung banyak ditonton orang. Hal tersebut tak terlepas dari munculnya kontroversi dari film itu.

Drakor Kim Ji-Young Born 1982 adalah sebuah cerita yang diangkat dalam layar drama yang mengisahkan perjalanan kehidupan seorang perempuan cantik yang namanya Kim Ji-young. Hal tersebut sesuai judul film drama ini. Tokoh utama wanita, Kim Ji-young diperankan oleh aktris Jung Su-mi.

Kim Ji-young merupakan wanita karir yang sudah lama bekerja di satu perusahaan. Seiring berjalan waktu, ia menikah dengan seorang laki-laki yang ia cintai. Beberapa waktu kemudian, ia dinyatakan hamil. Pihak perusahaan memintanya untuk keluar kerja disebabkan kehamilannya. Selain itu, kehamilannya, membuat ia tak bisa fokus lagi mengerjakan semua pekerjaan di kantor.

Terpaksa Kim Ji-young keluar dari pekerjaan yang sudah dilakoninya beberapa tahun lamanya. Kini ia benar-benar fulltime jadi seorang ibu rumah tangga. Mengurus kebutuhan suami, membersihkan rumah, mencuci pakaian dan lain sebagainya. Tak terasa umurnya sudah menapaki umur 30 tahun lebih.

Pada awalnya, ia sangat menyenangi status barunya sebagai ibu rumah tangga. Namun seiring berjalan waktu, sampai berbulan-bulan mulai muncul perasaan bosan dan sumpek menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga yang sering berada di rumah.

Ia memang sudah menikah dengan lelaki dewasa yang ia sukai. Ia telah mendapatkan lelaki yang dipujanya. Namun hal itu tak membuatnya bahagia. Ia merasakan tekanan hidup sebagai seorang ibu rumah tangga. Ia yang terbiasa sibuk sehari-hari bekerja di kantor tapi kini bersantai-santai menjadi seorang ibu rumah tangga. Pekerjaan keseharian adalah membersihkan rumah, memasak dan mengasuh anak wanitanya. Ia merasakan kebosanan sebagai ibu rumah tangga.

Dalam posisi sebagai ibu rumah tangga, ia ingin kembali ke dunia kerja. Ia bosan melakukan rutinitas sebagai ibu rumah tangga yang rutin dan monoton. Perasaan itu semua coba diredamnya. Ia mencoba menghilangkan perasaan galau itu. Ia menyatakan pada dirinya bahwa ia masih dalam kondisi baik-baik saja. Padahal dirinya tak sedang dalam keadaan baik. Ia mengalami tekanan hidup yang jatidirinya kadang hilang.

Suami Kim Ji-young, Dae Hyeon melihat sikap isterinya yang berbeda dari keseharian. Ia merasakan sesuatu janggal dari isterinya. Ia pun berkesimpulan bahwa istrinya sedang mengalami tekanan hidup akibat banyaknya pekerjaan sebagai seorang ibu rumah tangga serta jenuhnya dengan rutinitas di rumah yang sangat monoton.

Kelanjutan serial drama korea Kim Ji-Young Born 1982 berlanjut dengan kisah berikut ini. Pada suatu hari, Dae Hyeon sangat cemas dengan kondisi istrinya yang semakin berubah. Tanpa pikir panjang, ia segera membawa Kim Ji-young ke seorang psikolog terkenal di daerahnya. Ia mengutarakan kelainan sikap dan perilaku yang dilakukan oleh isterinya.

Kim Ji-young bersikap sangat aneh di rumah. Ia suka bersikap seperti neneknya yang sudah meninggal. Ia kadang bersikap seperti orang yang sedang melahirkan, terkadang bersikap layak temannya atau ibundanya.

Film korea sedih yang berjudul Kim Ji-young Born 1982 sangat populer di Korea Selatan. Banyak orang yang beranggapan film ini sebagai upaya perjuangan kaum hawa di tengah dominasi kaum adam. Namun di tengah kontroversial itu, Kim Ji-Young Born 1982 telah mencatatkan rekor bagus dengan raihan jumlah penonton sebanyak satu juta lebih orang dalam waktu beberapa hari saja. Pertama yang akan kami informasikan adalah sinopsis Kim Ji-Young Born 1982.

Sinopsis Kim Ji-Young Born 1982

Kim Ji-Young Born 1982
Sumber: www.imdb.com

Banyak orang yang bertanya-tanya, kisah apa yang ditampilkan dalam drama korea Kim Ji-young Born 1982? Drakor ini menceritakan tentang seorang sosok ibu yang asalnya wanita karir berumur 30 tahun dan memilih menjadi ibu rumahtangga akibat hamil. Namun ia kehilangan jati dirinya akibat tekanan batin selama menjadi ibu rumah tangga.

Film ini sangat populer di Korea. Untuk di Indonesia, drama keluarga ini pernah ditayangkan pada tanggal 28 November 2020 di CGV. Kamu bisa menyaksikan drakor korea ini lewat Netflix, indoxxi, atau situs penyedia download drakor film Kim Ji Young Born 1982 sub indo. Anda juga dapat menonton drama korea ini di aplikasi streaming film seperti Netflix, Viu, Vidio, dan Iflix.

Pemain Kim Ji-Young Born 1982

Kim Ji-Young Born 1982
Sumber: koreanindo.net

Film Kim Jing-young Born 1982 dibintangi oleh aktor ganteng Gong Yoo. Bintang film ini sebelumnya pernah berhasil melambungkan film Train to Busan dan Goblin yang bermain apik di dalam kedua film drama tersebut. Dan di drakor Kim Jing-young Born 1982, ia melanjutkan keberuntungannya. Film ini berhasil ditonton oleh tiga juta penonton.

Dalam film drama keluarga Kim Jing-young Born 1982, terdiri-dari dua tokoh utama yakni Kim Ji Young dan Jung Dae Hyun. Kim Ji-young, seorang istri yang menderita tekanan batin dibintangi oleh Jung Yu Mi. Sedangkan aktor ganteng, Gong Yoo memerankan tokoh suami Kim Ji Young yang penyayang bernama Jung Dae Hyun.

Novel Kim Ji Young Born 1982

Kim Ji-Young Born 1982
Sumber: www.amazon.com

Film drama Kim Ji-young Born 1982 diangkat dari sebuah novel terlaris yang telah dibelli lebih dari satu juta eksemplar dalam tempo singkat. Novel ini sangat kontroversial di masyarakat Korea waktu itu. Yang menjadi pemicu kontroversial adalah isi novel tersebut. Isinya mengusung genre feminisme yang selama ini terbuai dalam impian.

Sistem di negara Korsel selama ini adalah patriarki. Seorang wanita di negara Korea Selatan mesti bekerja keras untuk memperoleh kesamaan perlakuan dengan laki-laki dalam soal upah dan pekerjaan. Para penggiat pendukung patriarki merasa terancam dengan adanya novel Kim Ji-young Born 1982 yang disebut pemantik aksi feminisme di negara Ginseng.

Novel Kim Ji-young Born 1982 sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sudah dicetak ulang beberapa kali. Yang menjadi penerbitnya adalah Gramedia Pustaka Utama.

Lagu Soundtrack Kim Ji-young Born 1982

Untuk menguatkan jalan cerita dan mengocok emosi penonton, drakor Kim Ji-young Born 1982 mengiringnya film dengan berbagai lantunan lagu. Lagu ost film Kim Ji-young Born 1982 terdiri-dari beberapa lagu soundtrack. Lagu soundtrack tersebut ternyata mendapatkan apresiasi positif yang besar dari penggemar drakor ini dan termasuk jajaran lagu ost populer.

Pelajaran Berharga dari Kim Ji-young Born 1982

Film Kim Ji-young Born 1982 mengangkat tema yang menjadi keseharian hidup manusia. Seperti tekanan batin seorang wanita yang memilih menjadi seorang ibu rumahtangga. Hal itu bisa kita jumpai dalam lingkungan sekitar. Terkadang seorang wanita yang sudah berumahtangga dihadapkan dua pihan yang sulit antara menjadi ibu rumahtangga atau menjadi wanita karir. Kadang dua pilihan tersebut tak bisa diambil secara bersamaan. Salah satunya mesti diambil dengan segala konsekuensi.

Jarang sekali di kehidupan nyata, seorang ibu rumahtangga bisa berhasil dalam mengurus rumahtangga sekaligus karier yang baik. Salah satu mesti dikorbankan dan banyak wanita memilih menjadi ibu rumahtangga secara fulltime selepas menikah. Hal itu terkadang membuat tekanan hidup tersendiri seperti ingin kembali ke dunia kerja.

Dalam film ini, penulis cerita ingin menjelaskan gambaran nyata mengenai kehidupan wanita-wanita Korea Selatan saat ini dan mungkin di belahan negara lain seperti Indonesia. Inilah pesan yang ingin disampaikan pada film drakor Kim Ji-young Born 1982 bahwa sangat penting untuk mengasih kesempatan sama untuk wanita dan pentingnya komunikasi dalam sebuah pernikahan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 993

No votes so far! Be the first to rate this post.