8 Makanan Khas Korea Terbaik & Wajib Dicoba

Makanan Khas Korea Selatan

Makanan khas suatu daerah atau Negara sangat diminati turis yang datang ke daerah atau Negara tersebut. Apabila seseorang akan berlibur atau mengunjungi suatu Negara, biasanya mereka mencari tahu tentang Makanan Khas daerah atau Negara tersebut.

Negara Korea menjadi destinasi yang banyak diminati oleh warga Indonesia. Selain dari Boyband atau Girlbandnya, Korea memiliki Makanan Khas Korea Selatan dan Makanan Khas Utara. Kami akan memberikan informasi mengenai makanan khas daerah atau negara tersebut. Dimulai dari Makanan Khas Korea Selatan dan akan dilanjutkan dengan Makanan Khas Korea Utara.

Makanan Khas Korea Selatan

Makanan Khas Korea Selatan
Sumber: www.taupasar.com

Pastinya sudah sangat tidak asing bagi kalian terutama dengan negeri gingseng itu yaitu Korea Selatan, apalagi dengan berbagai macam Makanan Khas Korea Selatan yang wajib sekali Anda temui dan mencobanya ketika berkesempatan untuk mengunjungi negeri tersebut.

Kami akan memberikan beberapa Makanan Khas Korea Selatan yang sangat rekomendasi untuk Anda.

Gimbab (Kimbab)

Makanan Khas Korea Selatan Gimbab
Sumber: www.shutterstock.com

Yang pertama adalah Gimbap Makanan Khas Korea Selatan yang terbuat dari nasi putih (bap) dan isian berupa potongan daging , ikan , telur , dan sayuran , yang digulung dengan lembaran rumput laut kering yaitu (gim) setelah itu potong kecil-kecil sesuai porsi makanan Kalian. Satu gulung gimbap sendiri biasanya bisa menjadi 6-9 potongan. Bentuknya sendiri bisa bundar atau segitiga, bahkan rumput lautnya juga bisa digulung di bagian dalam, ya meskipun biasanya dipakai pada bagian luar.

Di korea sendiri biasanya sayuran yang digunakan adalah bayam , wortel , timun , dan acar lobak (Danmuji) , sementara nasinya bisa sedikit dibumbui dengan garam dan minyak wijen. Isinya bisa sangat bervariasi dan gampang dimodifikasi, tergantung keinginan , kreatifitas ataupun selera. Cara penyajiannya juga bisa disajikan dengan mayonaise atau begitu saja.

Kimchi

Makanan Khas Korea Selatan Kimchi
Sumber: www.kompas.com

Kimchee atau bisa disebut Kimchi yaitu Makanan Khas Korea yang terbuat dari beberapa sayuran yang di fermentasi dengan aneka macam bumbu dan biasanya Kimchi sendiri memiliki rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasa dipakai pun seperti lobak atau mentimun dan yang paling sering yaitu sawi. Bumbu yang digunakan adalah jahe, cabe, bawang putih, bawang putih, pasta udang, dan saus ikan. Kebiasaan Masyarakat Korea Selatan, Kimchee biasanya dibuat denganjumlah yang tidak sedikit karena Kimchee dapat bertahan dengan jangka waktu yang sangat lama apabila di simpan dengan baik. Lalu Masyarakat Korea Selatan juga memanfaatkannya untuk dijual dengan kemasan yang unik agar lebih menarik pembeli.

Untuk penyajiaannya sendiri Kimchee dipotong dan disajikan sebagai bahan makanan korea lain seperti kimchi stew (Kimchee jjigae) , pancake kimchee ( kimchijeon) , sup kimchee (kimchiguk) , dan nasi goreng kimchi (kimchee bokkeumbap) dan bisa untuk lauk sendiri.

Kimchee juga merupakan masakan tradisional khas daerah. Kimchee menjadi bagian sangat penting dalam kuliner dan kebudayaan korea , dan hampir tak pernah absen dari setiap waktu untuk Makanan Khas Korea Selatan sendiri.

Pulgogi (Bulgogi)

Makanan Khas Korea Selatan Pulgogi
Sumber: istockphoto.com

Pulgogi atau Bulgogi adalah Makanan Khas Korea Selatan, terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan cara ditumis atau dipanggang dalam pan. Pada saat menyiapkan daging, diharapkan Anda tidak lupa memarinasi lembaran daging dengan campuran gula, bawang putih, lada, kecap, jahe, dan yang jangan sampai tertinggal adalah minyak wijen agar makanan tersebut lebih terasa lezat dan tekstur daging yang sudah dimarinasi tadi lebih terasa lembut. 

Kebiasaan Masyarakat Korea Selatan terbiasa dengan cara menyajikan Pulgogi atau Bulgogi dengan berbagai macam makanan pendamping yang masing-masing makanannya disajikan pada mangkuk yang berukuran kecil. Mangkuk berukuran kecil ini adalah mangkuk khas dari negeri mereka sendiri.

Daging pulgogi panggang juga terkadang diberi sedikit saus sambal dan dimakan dengan cara yang dibungkus oleh daun selada bersamaan dengan nasi dan lauk lainnya. Sayuran berdaun lain juga bisa dipakai , tapi yang paling sering digunakan adalah daun selada.

Chajangmyeon (Jjajangmyeo)

Makanan Khas Korea Selatan Chajangmyeon
Sumber: www.saveur.com

Chajangmyeon atau Jjajangmyeon yaitu salah satu Makanan Khas Korea Selatan yang terbuat dari mie dengan dicampuri saur keledai hitam kental, potongan daging (babi atau sapi), sayuran, dan bisa juga dengan seafood. Seperti yang kita ketahui, mie terbuat dari tepung terigu yang selanjutnya digiling menjadi bentuk mie. Mie Chajangmyeon berbahan baku sama seperti mie-mie yang lainnya. Tidak hanya itu sausnya juga terbuat dari pasta kedelai hitam yang dimasak bersama dengan daging giling atau potongan seafood, bawang bombay, dan bahan lainnya. Air kaldu biasanya juga ditambahkan untuk mengurasi rasa asin dari pasta kedelai, dan tidak ketinggalan dengan maizena atau pati ketang juga ditambahkan agar kuah lebih kental.

Cara penyajiannya chajangmyeon sendiri selalu disajikan dengan lobak atau danmuji ditambah saus kedelai yang diletakkan panas-panas diatas mie, terkadang masyarakat korea suka menambahkannya dengan potongan timun. Sebelum memakannya chajangmyeon wajib untuk diaduk rasa seperti halnya makan mie ayam saja. Chajangmyeon juga termasuk makanan khas korea yang sangat populer tentu saja sering muncul dalam drama korea.

Samgyetang

Makanan Khas Korea Selatan Samgyetang
Sumber: www.foodnetwork.com

Samgyetang atau sup ayam gingseng, sudah bisa Anda ketahui untuk bahan-bahan utamanya yaitu ayam dan gingseng yang dibumbui dengan remapahan. Pada samgyetang versi tradisional , ayam yang sudah dicuci bersih lalu diisi dengan nasi ketan sampai penuh , lalu akar gingseng dan bawang putih. Kemudian ayam isi tersebut direbus selama satu jam didalam air kaldu ayam yang ditambah dengan gingseng dan rempahan lainnya. Samgyetang memiliki khasiat untuk mengembalikan stamina dari keletihan.

Makanan Khas Korea Utara

Tidak hanya makanan khas korea selatan saja yang populer tetapi makanan khas korea utara juga cukup populer dan uniik. Bahkan tak kalah ekstrim wajib Anda coba.

Aneka Daging

Makanan Khas Korea Aneka daging JPG
Sumber: keluyuran.com

Hidangan daging yang selalu ada di setiap negara dan sering kita jumpai setiap hari tidak dapat dikatakan hidangan tersebut berasal dari Korea Utara. Akan tetapi, hidangan daging yang unik dari Korea Utara ini pasti hanya ada di Makanan Khas Korea Utara.

Warga korea utara sendiri hanya bisa mengonsumsi jatah makanan yang diberikan oleh pemerintah berupa daging yang terdiri dari daging kelinci , babi dan kambing saat ulang tahun para pemimpin dahulu. Yakni kim Jong-II dan Kim II-Sung. Komsumsi daging di korea utara terbilang cukup langka.

Apalagi pemerintah korea utara melarang warganya untuk menkomsusi daging sapi secara besar-besaran. Warga korea utara hanya diizinkan untuk mengomsumsi daging sapi dalam jumlah sedikit dengan intensitas yang tidak sering.

Pyongyang Raengmyeon

Makanan Khas Korea pyongyang raengmyeon
Sumber: koryogroup.com

Menu satu ini merupakan Mie gandum hitam yang disajikan dengan campuran kuah kaldu sapi. Dilengkapi juga dengan beberapa potongan lobak , pir , daging , potongan timun , serta telur. Dan biasanya hingan ini juga dikenal dengan sebutan mie dingin.

Air Koryeo Burger

Makanan Khas Korea air koryeo burger
Sumber: www.thesun.co.uk

Saat mendengar kata burger, Anda pasti akan langsung teringat pada negara bara contohnya amerika, tempat dimana makanan enak itu berasal. Tetapi , apa yang Anda pikirkan bila mendengar nama Air Koryeo Burge.

FYI (For your Infomation) Air Koryeo Burger ini adalah hidangan dari maskapai korea utara, Air Koryeo yang sangat khas dan amat populr. Karena burger ini hanya terdiri dari daging yang tak terlihat seperti daging, dan juga keju yang sudah diolah, selada dan saus , makanan yang menyerupai patty di dalam burger tersebut digantikan dengan tomat.

Makanan ini kabarnya kerap sekali disajikan dalam bentuk dingin dan rasanya tidak seperti burger pada umumnya. Air Koryeo Burge ini mendapatkan gelar makanan pesawat terburuk.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 835

No votes so far! Be the first to rate this post.

SUBSCRIBE AND GET MORE

Aliter enim explicari, quod quaeritur, non potest. Puta bam equidem satis, inquit, me dixisse.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.