Ramyeon : 3 Jenis dan Fakta Uniknya

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya

Ramyeon adalah mie instan yang direbus di dalam panci kucing khas korea selatan. Toppingnya sendiri dilengkapi dengan irisan daging ayam atau bisa juga dengan daging sapi. Bisa juga dengan ditambahkan saus gochujang, dan disajikan bersama kimchi. Kaldu ramyeon hanya menggunakan bumbu instan.

Biasanya juga ditambah dengan nori dan wijen untuk menambah cita rasa yang gurih. Kuah ramyeon sendiri cenderung lebih kental dan pedas. Sementara untuk mie ramyeon menggunakan mie kering umumnya yaitu mie kuning keriting yang sedikit tebal. Penyajiannya bisa dinikmati dimana saja contohnya di kedai atau toserba maupun di rumah. 

Makanan Khas Korea Ramyeon

Ramyeon Makanan Khas Korea
Sumber: www.freepik.com

Makanan khas korea ini merupakan makanan sangat populer di Korea maupun di Indonesia. Di Korea sendiri, hidangan ini sangat populer dan disukai banyak masyarakat karena harganya tergolong murah dan cukup praktis dalam membuatnya. Karena kepraktisannya tersebut ,makanan khas korea ini sering dimasak saat malam hari sebagai cemilan ketika lapar.

Di Indonesia, karena cita rasanya yang pedas dan gurih, membuat makanan khas korea ini juga menjadi populer karena selalu muncul diberbagai drama korea. Hal itu membuat para masyarakat Indonesia khususnya pecinta drakor ingin mencoba juga makanan satu ini.

Seorang budayawan korea bernama Yoon Seo Seok menuliskan buku yang berjudul Hanguk Eumshik Munhwa “Budaya makanan korea” . Buku ini juga berisikan tentang arti setiap makanan bagi masyarakat korea.

Ketika Kamu sedang memakan makanan khas Korea ini, pastinya tanpa sadar Kamu hanya akan  memesannya saja tanpa tahu sebenarnya ramyeon yang sedang kamu pesan itu terbuat dari bahan-bahan apa saja dan bumbunya seperti apa. Makanan khas korea ini memiliki banyak varian rasa yaitu ada Shin ramyun Spicy Mushroom dipadukan dengan kuah pedas dan kental , kimchi ramyeon memiliki rasa kimchi tradisional korea , korean clya pot dengan cita rasa asli daun kol ditambah kepedasan kuah yang ringan. Disini Kami akan memperkenalkan beberapa jenis  ramyeon terkenal dari Korea yaitu ada (Shin RamYeon), (NeoGuri Udon), (SamYang RamYeon), dan (KoKoMyeon).

Banyak sekali jenisnya yang tersedia di pasaran, jenisnya sendiri bisa mencapai 100 jenis. Rasanya bermacam macam, contohnya:

ChamKkae

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya Chamkkae Ramyeon
Sumber: bp-guide.id

Khas rasa gurih dari minyak wijen dan merica merupakan rasa kamulan yang ditawarkan makanan khas Korea ini. Cocok banget disantap begitu selesai dimasak. Ketika sedang panas-panasnya langsung deh kamu makan, Kamu juga bisa tambahkan topping telur sebagai topping tambahannya. Jadi Kamu juga bisa menyeruput kuah yang sangat enak ini ketika masih dalam keadaan hangat-hangatnya.

Jin JJam Ppong

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya Jin jjam ppong ramyeon
Sumber: Shopee.com

Wangi sedap yang muncul sewaktu disajikan merupakan hasil dari campuran kuah seafood yang telah ada. Bau seafoodnya begitu terasa sehingga Kamu tidak dapat menahan untuk tidak memakan masakan ini. Makanan khas Korea ini memberikan cita rasa masakan China.

Jadi ketika Kamu mencoba masakan ini seperti sedang memakan masakan china yang sedang populer di Korea. Rasa khas JJam PPong akan sangat begitu kuat di jenis ini.

Shin

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya Shin Ramyeon
Sumber: amazon.com

Jika Kamu penggemar cita rasa pedas, maka Ramyeon jenis ini sangat tepat untuk Kamu. Rasa pedas dapat memunculkan sensasi hangat di bibir dan juga terdapat jamur sebagai topping RamYeon ini. Jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling laku dan digemari oleh banyak orang karena rasanya yang unik.

 Perbedaan Ramyeon dan Ramen

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya Perbedaan Ramen dan Ramyeon
Sumber: kecemedia.com

Pasti banyak yang menganggap bahwa ramyeon dan ramen adalah sama. Padahal ramen jepang dan ramyeon korea sangat berbeda.

Mi jepang ternyata berasal dari china dan baru masuk ke negara sakura itu di era meiji sekitar tahun 1868-1912. Setelah itu ramen baru dipopulerkan di korea sekitar tahun 1960-an setelah perang dunia II.

Ramen di jepang disebut shina shoba yang berarti soba adalah mie dari china. Beberapa tahun setelah itu, seluruh restoran yang berada dijepang mulai menyajikan shina soba yang diracik dengan berbagai macam bumbu lokal. Dari disinilah muncul ramen yang menyebar ke negara-negara tetangga salah satunya adalah korea.

Pada tahun 1960 makanan ini telah menjadi makanan kesukaan untuk orang-orang yang sibuk dalam dunia industri dan membutuhkan makanan yang cepat saji dan enak. Namun Makanan khas korea ini di Korea sendiri tentu memiliki ciri khas tersendiri.

Umumnya Makanan khas korea ini memiliki kuah yang sangat pedas, sementara ramen khas jepang memiliki rasa yang sangat halus. Kuah ramen sendiri biasanya dibuat dari kaldu seafood,ayam, atau daging merah. Sedangkan rasa kuah ramyeon memiliki bumbu olahan yang dibuat cukup pedas.

Memang tidak seperti ramen secara umumnya yang dapat diolah dengan tradisional atau instan, ramyeon hanya berarti mie instan yang direbus menggunakan air panas di dalam panci kuning khas korea. Biasanya ramyeon dimasak dalam (yangeun nembi) atau panci aluminium yang berlapis perak agar cepat panas. Untuk Kamu penggemar setia drama korea , pasti sudah sangat tidak asing melihat penampakan si panci tersebut.

Makanan khas korea ini biasanya kurang lengkap jika tidak ditemani dengan kimchi. Bahkan semua orang korea mengatakan jika Kamu tidak menyediakan kimchi, maka Kamu tidak dapat menikmati makanan ini dengan sempurna. Selain kimchi, jenis topping lainnya juga ada seperti telur, seafod, dan sayuran. Sesuai dengan selera dan cita rasa makanan tersebut.

Bahkan Makanan khas korea ini sudah sangat tidak asing lagi di Indonesia. Kamu bisa menemukannya di berbagai restoran dan supermarket. Salah satu restoran yang direkomendasikan. Kamu bisa memilih beragam menu makanan korea dengan mudah disana tidak ketinggalan dengan makanan ini.

Sama halnya dengan jjajangmyeon yang di sukai karena murah dan praktis, makanan ini juga dikonsumsi dengan alasan yang sama.  Bedanya dengan jjajangmyeon yang banyak dipesan melalui layanan pesan antar, makanan ini biasanya dibeli dan dijadikan stok untuk persiapan lapar tengah malam. Makanan khas korea ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Korea. Orang Korea menyantap makanan ini dengan cara yang cukup unik, yaitu memakan makanan khas korea ini langsung dari panci yang digunakan memasak, lalu menjadikan tutup panci sebagai tatakan dan mangkuk saat mereka menyantap ramyeon langsung melalui panci.

Fakta Unik

Fakta unik yang dimiliki makanan ini sendiri adalah rayuan. Yang berarti ajakan yang ditunjukan untuk mengajak seseorang kerumah dengan memakan makanan khas korea ini dan melakukan hal lain setelah itu. Hal tesebut diartikan sebagai sesuatu yang seksual di korea selatan.

Fakta unik ini bermula sejak tahun 2001. Yaitu saat film spring days go terdapat tokoh wanita yang menanyakan kepada si tokoh pria apakah ingin memakan ramyeon. Namum setelah memakan makanan khas korea ini keduanya melakukan kegiatan orang dewasa. sejak saat itu ajakan memakan ramyeon diartikan sebagai sebuah rayuan. Namun , biasanya di dunia nyata hal ini sering kali di lakukan untuk sebuah candaan.

Makanan khas korea ini memiliki banyak varian rasa yaitu ada Shin ramyun Spicy Mushroom dipadukan dengan kuah pedas dan kental , kimchi ramyeon memiliki rasa kimchi tradisional korea , korean clya pot ramyeon dengan cita rasa asli daun kol ditambah kepedasan kuah yang ringan.

Cara Membuat Ramyeon

3 Jenis Ramyeon dan Fakta Uniknya Cara Membuat
Sumber: Resepkulezzat.com

Bahan Utama :

  • 1 bungkus mie telur
  • 1 sendok makan minyak
  • 2 siung bawang-putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 1 sendok makan gochujang pasta
  • 350 ml kaldu
  • 1 sendok takaran garam
  • ½ sendok takaran merica
  • 1 sendok takaran minyak wijen
  • 4 bakso cumi
  • 4 bakso ikan
  • 1 telur ayam
  • 5 lembar pakcooy
  • 50 gram jamur shimeji
  • 2 batang bawang –daun
  • 1 sendok makan bawang-putih yang sudah digoreng.

Cara membuat:

  • Langkah 1 –panaskan dahulu minyak. setelah itu, masukkan bawang-putih , dan gochujang lalu tumis keduanya hingga tercium harum.
  • Masukkan air kaldu. Tunggu sampai mendidih
  • Lalu , masukkan garam , merica , dan juga gula.
  • Aduk terus dan lanjutkan dengan memasukkan bakso ikan , bakso cumi , dan mie serta terlur. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  • Masukkan pakcooy , sawi putih , telur ,bawang-daun, cabai rawit.
  • Masak semua bahan ramyeon hingga matang dan merata,dan sentujan terkahir masukan minyak wijen lalu diaduk kembali.
  • Selesai ramyeon sudah selesai dibuat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 987

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags

SUBSCRIBE AND GET MORE

Aliter enim explicari, quod quaeritur, non potest. Puta bam equidem satis, inquit, me dixisse.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.