Samgyeopsal : Sejarah dan Cara Menikmati

Samgyeopsal : Sejarah dan Cara Menikmati

Samgyeopsal adalah makanan khas korea yang dihidangan berisi panggangan daging perut babi yang berlemak dan tebal yang berasal dari korea. Arti harfiah dari samgyeopsal adalah sam, (tiga), gyeop (lapis), sal (daging), karena daging pada bagian perut babi ini terkesan seperti berlapis tiga. Biasanya daging tersebut tidak dibumbui, dan langsung dipanggang di atas pemanggang yang ada di meja rumah makan.

Setelah matang, daging nya dicelup ke dalam saus pedas. Samgyeopsal dimakan dengan selada ,irisan bawang putih mentah, daun kemangi, paprika hijau, irisan daun bawang, irisan bawang bombay dan kimchi tua. Bisa dipanggang atau dimakan dengan daging atau jamur kancing, jamur tiram juga bisa dibakar dengan daging.

Makanan ini hampir selalu dimakan dengan dua saus celup, yaitu ssamjang dan gireumjang. Ssamjang mengandung pasta cabai, pasta kacang kedelai, minyak wijen, Gireumjan , dibuat dari garam dan minyak wijen, kadang-kadang mengandung sedikit merica hitam. Biasanya sambal ssamjang digunakan saat makan samgyeopal dengan sayur mayur. Sebelum makan, gunakan gunting untuk memotong perut babi menjadi potongan-potongan kecil.

Cara makan sage yang paling umum adalah dengan meletakkan daging matang di atas daun selada/ perilla, tambahkan sedikit nasi dan ssamjang, lalu gulung dan makan dengan tangan. Diet ini disebut sangchu-ssam. Nasi dan makanan lain yang dibuat dengan selada Korea juga disebut sangchu-ssam. Beberapa orang biasanya ada yang menambahkan irisan tipis bawang putih, kimchi, jamur atau bawang panggang ke dalam gulungan selada.

Peralatan pertama yang kita butuhkan adalah kompor kecil dengan gas kecil. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan kompor yang biasa kita gunakan untuk memasak sehari-hari. Alat kedua yang wajib Anda miliki adalah panggangan yang biasanya terbuat dari besi dan terdiri dari 2 lapis. Ada wadah berisi air di bagian bawah agar panggangan tidak mengering, dan jika ada lemak atau kuahnya tidak lengket letakkan di atas panggangan.

Nyatanya, makanan ini lebih seperti barbeque (BBQ) karena tidak bisa langsung dimasak di atas batu bara dan bisa dilakukan di rumah. Sementara itu, pemanggangan dilakukan di atas bara api langsung dan biasanya dilakukan di luar rumah karena rasa asapnya yang kuat. Makanan negeri ginseng ini sering kita lihat di drama korea, dan terlihat enak saat minum alkohol atau soft drink bersama teman dan keluarga.

Samgyeopsal bikinan rumahan juga bisa menggunakan daging sapi, sosis, bakso, selada, bawang merah, bawang putih, minyak wijen, saus pedas, dan kecap. Semua bahan tersebut bisa kita beli di supermarket atau toko terdekat yang menjual makanan beku (frozen food).

CARA MENIKMATI SAMGYEOPSAL

Samgyeopsal : Sejarah dan Cara Menikmati
Sumber: wordpress.com
  • yang paling pertama adalah memesan samgyeopsal yang ingin Anda makan. Kami menyarankan Anda untuk mulai memesan lebih sedikit makanan, karena hidangan ini akan datang dengan banyak lauk pauk. Sebagian besar restoran menyediakan kimchi dan lauk lainnya secara gratis. Oleh karena itu, tidak perlu memesan daging terlalu banyak.
  • Saat daging Anda sudah ada, letakkan satu atau dua potong di atas panggangan, Anda tidak perlu memasak semuanya sekaligus. Jika ingin memesan dua, silakan panggang satu orang terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan satu sisi, balikkan daging dan panggang sisi lainnya. Pada saat ini, taruh beberapa irisan kimchi di atas panggangan. secukupnya untuk mencocokkan setiap gigitan samgyeopsal.
  • Saat memanggang samgyeopsal jangan lupa kontrol suhu sangat penting. Anda ingin dagingnya renyah, tetapi jika kalorinya terlalu tinggi, kimchi akan mudah gosong. Anda perlu sering membalik kimchi agar tidak gosong. Saat kubis menguning, Anda akan tahu bahwa kubis sudah siap untuk dimakan. Meskipun kimchi biasanya memiliki rasa yang pedas, kimchi panggang tidak terlalu pedas karena minyak yang diekstrak dari daging akan mempermanisnya.

  • Ketika daging dan kimchi dipanggang sesuai selera, keluarkan dari pemanggang dan biarkan agak dingin sebelum menikmati perpaduan harmonis rasa yang mereka ciptakan. Jika terlalu panas atau terlalu asin, Anda juga bisa membungkusnya dengan selada atau perilla.
  • Jika tidak ada bokkeumbap (nasi goreng), paha ayam tidak lengkap. Nasi yang digoreng di atas wajan yang digunakan untuk memasak samgyeopsal rasanya akan berbeda dengan nasi yang pernah Anda makan sebelumnya, karena minyak alami yang ada di dalam daging babi menambah rasa dan sangat cocok bila dicampur dengan kimchi potong dadu dan sayuran lainnya.

FAKTA DARI SAMGYEOPSAL

Arti harfiah dari samgyeopsal adalah sam artinya tiga, gyeop artinya lapis, dan sal yang berarti daging, karena daging bagian perut babi terlihat seperti berlapis tiga. Daging tersebut biasanya tidak dibumbui, dan dipanggang sendiri di atas pemanggang yang ada di meja rumah makan. Konon dari sejarah yang ditelusuri,dapat membantu mendetoksifikasi tubuh mereka.

SEJARAH SAMGYEOPSAL

Konon nama samgyeopsal sendiri berasal dari kebiasaan para penambang Korea (yang menghirup debu tak sehat di terowongan tambang), yang makan samgyeopsal setelah selesai bekerja karena dipercaya dapat membantu detoksifikasi.

BAHAN-BAHAN DAN CARA MEMBUAT

Samgyeopsal : Sejarah dan Cara Menikmati
Sumber: pinmg.com

BAHAN-BAHAN MEMBUAT SAMGYEOPSAL

  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 1 sdt Minyak wijen
  • 500 gram Samchan/daging babi iris selebar 3mm
  • 1 ikat selada, cuci dan kupas
  • 4 buah bawang putih, iris tipis

Saus daun bawang:

  • Daun bawang, iris tipis pendek
  • 2 sdm bubuk sambal
  • 1 sdt gula
  • garam secukupnya
  • minyak wijen atau minyak zaitun secukupnya.

CARA MEMASAK SAMGYEOPSAL

  • Iris daging babi setebal 3 mm Untuk langkah pertama, siapkan 500 gram samchan atau daging babi yang telah dipotong lalu letakkan di piring. Karena di Indonesia sedikit yang menjual samchan, kamu bisa menggantinya dengan potongan daging babi yang kemudian potong tipis secara manual. Jika kesulitan memotong, Anda juga bisa memotongnya menjadi irisan tipis sesuai selera. Setelah itu, gulung samchan dan bekukan dalam lemari es selama ± 1-2 jam.
  • Buatlah bumbu dan saus celup Sambil menunggu daging babi selesai dipanggang, tahap berikutnya adalah membuat bumbu utama. Haluskan bumbu yang terdiri dari garam, minyak wijen, dan secukupnya merica, kemudian di sisihkan. Untuk saus celup, campur semua bumbu, termasuk daun bawang iris tipis, bubuk cabai, gula pasir, garam dan biji wijen atau minyak zaitun. Jika ingin sambal, tambahkan sambal.
  • Bumbui daging dengan garam dan merica Agar daging babi menjadi juicy saat dipanggang, jangan lupa baluri samchan terlebih dahulu dengan bumbu utama atau garam dan merica bubuk secara merata sesaat sebelum dipanggang. Selain itu, saat memanggang daging pastikan memanggangnya secara merata dan tidak terlalu lama, agar tidak gosong atau menjadi berair.

  • Panggang daging sampai cukup matang Setelah daging dibumbui, bumbu benar-benar basah, dan samchan serta bahan lainnya diletakkan di atas meja. Panaskan wajan besi yang dibungkus dengan minyak zaitun. Rebus irisan samchan dan siung bawang putih hingga kecokelatan, lalu angkat. Lakukan hal yang sama hingga samchan habis. Bagaimana dengan pecinta makanan Korea? Tentu saya tertarik untuk mencoba. Bagi yang muslim jangan khawatir, daging babi bisa diganti dengan beef atau lamb. Sekarang, tentang cara memakannya, celupkan daging babi ke dalam saus celup lalu bungkus dengan selada. Lipat dan Anda bisa memakannya. Perpaduan antara daging sapi panggang yang juicy dan daun selada yang segar memberikan cita rasa yang kaya di mulut.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai sejarah makanan khas Korea Samgyeopsal, arti dari makanan samgyeopsal, cara menikmati , bahan-bahan, dan cara membuatnya. Semoga informasi ini dapat memudahkan anda untuk membuat dan menikmati makanan khas korea ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 998

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags

SUBSCRIBE AND GET MORE

Aliter enim explicari, quod quaeritur, non potest. Puta bam equidem satis, inquit, me dixisse.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.